Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya HRD. Memiliki kepanjangan Human Resource Development, HRD adalah salah satu divisi dalam sebuah bisnis yang bertugas menangani urusan pengelolaan karyawan dan juga talenta. Tapi sepenting apakah posisi ini dalam sebuah bisnis? Yuk, mari kita bahas bersama
HRD adalah sebuah divisi yang bertugas untuk melakukan segala aktivitas pengelolaan sumber daya manusia, seperti merekrut, menyaring, dan memberi pelatihan kepada karyawan. Adanya HRD dalam sebuah perusahaan juga sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas dan kesejahteraan organisasi melalui perubahan makro dan mikro.
Pada dasarnya peran HRD tidak lepas dari proses pengelolaan sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk dapat membantu proses kerja dan menjaga kinerja karyawan untuk tetap berada di kondisi yang terbaik. Namun, proses ini tidaklah mudah, sehingga sebenarnya adanya HRD atau tim SDM sangat esensial dalam sebuah bisnis.
Mungkin peran paling umum dari tim HR atau SDM adalah melakukan perekrutan pada karyawan. Ini juga salah satu proses yang dapat mempengaruhi jalannya sebuah aktivitas bisnis. Yang mana karyawan yang direkrut haruslah memiliki kemampuan yang cocok dan sesuai dengan perusahaan.
Namun, nyatanya proses perekrutan bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan cepat. Karena dibutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat untuk bisa mendapatkan talenta terbaik. Di sinilah sebenarnya peran HRD, mereka membantu meningkatkan kualitas perusahaan dengan mendapatkan karyawan dengan talenta terbaik. Tanpa tim HRD/SDM yang efektif, maka perekrutan mungkin tidak bisa menemukan karyawan yang sesuai dan berarti bisnis tidak akan berjalan dengan baik.
Di samping itu, tim HRD tidak hanya bertugas untuk merekrut, tetapi juga harus mampu mempertahankan karyawan yang berbakat. Ini berarti mereka harus bisa memastikan para karyawan dapat bekerja dengan nyaman. Pada praktiknya, aktivitas ini juga terkait dengan komunikasi yang efektif yang ada di antara semua karyawan, mulai dari pihak manajemen dan juga antar divisi. Tim HRD harus mampu menjembatani hal ini, khususnya jika ada hal penting seperti kebutuhan akan karyawan ataupun terjadi konflik.
Alasan berikutnya yang membuat HRD sangat penting dalam perusahaan yaitu terkait peran mereka dalam merencanakan proses pelatihan dan pengembangan karyawan. Nyatanya dalam proses bisnis, tak jarang beberapa karyawan memiliki kemampuan yang masih kurang, sehingga membutuhkan beberapa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka.
Tim HRD memiliki peran penting dalam hal ini. Dengan melakukan penilaian terhadap karyawan perusahaan, tim SDM mampu untuk menentukan jenis pelatihan yang sesuai, agar karyawan tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan efisien. Hal ini tidak lepas dari pentingnya perusahaan untuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan suatu posisi.
Ketika bisnis semakin berkembang, maka penting untuk bisa memenuhi kebutuhan dari para karyawan. Ini tentunya bukan hanya aspirasi, melainkan kebutuhan akan pengoptimalan kinerja dan juga karir. Selain itu, kinerja tersebut dapat ditingkatkan dengan penilaian rutin yang dilakukan oleh pihak perusahaan.
Dikutip dari Human Resource MBA, akan sulit bagi bisnis melakukan peningkatan kinerja karyawan tanpa adanya tim HRD atau spesialis sumber daya manusia. Karena mereka memiliki keahlian untuk melakukan proses peningkatan kemampuan yang mencegah karyawan berakhir pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian dan keterampilan mereka.
Baca juga: Mengenal Pentingnya Performance Management System dalam Bisnis
Walaupun di beberapa perusahaan, HRD sudah memiliki job desknya masing-masing, tetapi secara umum mereka memiliki tugas sebagai berikut:
Baca juga: Mengenal Perekrutan Internal (Internal Hiring) serta Kelebihan dan Kekurangannya
Biasanya HRD tidak hanya terdiri dari satu posisi atau jabatan. Ada beberapa posisi yang memiliki perannya masing-masing dalam aktivitas pengelolaan sumber daya manusia, seperti:
Beberapa posisi di atas sebaiknya Anda miliki dalam tim HRD Anda. Karena dengan masing-masing spesialisasi yang mereka miliki tentunya dapat mempermudah proses pengelolaan sumber daya manusia pada perusahaan Anda. Demikianlah informasi mengenai HRD dan peranannya dalam bisnis. Ini mungkin akan membantu Anda ketika ingin mengembangkan perusahaan dengan melakukan perekrutan karyawan dengan jumlah yang banyak.
Referensi
Axiomq.com. (2021). 3 Reasons Why Companies Should Have an HR Department. https://axiomq.com/blog/3-reasons-why-companies-should-have-an-hr-department/ (Diakses 18 Januari 2023)
Humanresourcesmba.net. (2017). 7 Reasons Why HR is So Important for Business Success. https://www.humanresourcesmba.net/lists/5-reasons-hr-is-so-important-for-business-success/ (Diakses 18 Januari 2023)
Sumhr.com. (2022). Roles & Responsibilities of HR Managers in an Organization. https://www.sumhr.com/blog/hr-manager-role (Diakses 18 Januari 2023)
Gambar
Janeski, Antonio. (2020). Teamwork, women’s power!. https://unsplash.com/photos/CHVTt0aGbx0 (Diakses 18 Januari 2023)