Salah satu cara dalam mengoptimalkan kinerja karyawan yaitu dengan menerapkan objectives and key results (OKR). OKR adalah sebuah metode yang memudahkan karyawan dalam menjalankan aktivitas bisnis secara efektif. Namun, metode ini bukanlah hal yang sederhana. Tentunya dibutuhkan pemahaman yang dalam agar dapat bisa diterapkan dengan baik. Berikut penjelasannya.
OKR atau Objectives and key results adalah kerangka kerja yang dirancang untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan menjalankan strategi organisasi. Adanya OKR adalah untuk menyelaraskan tujuan bisnis, tim, dan individu dengan cara yang hierarkis dan terukur. Hal ini juga dapat mempermudah seluruh anggota tim/organisasi dalam menjalankan aktivitas dalam upaya mencapai tujuan yang telah direncanakan.
Walaupun OKR bukan hal baru, nyatanya metode OKR ini menjadi pilihan banyak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu perusahaan yang cukup populer akan penggunaan OKR yaitu Google yang dianggap sukses menggunakan metode ini. Di samping itu, pada penerapannya OKR ini dibagi menjadi 2 komponen utama yaitu objective dan key results.
Objective adalah apa yang ingin dicapai dan berperan sebagai tujuan utama dari strategi yang ingin dilakukan. Namun, dalam penentuan objective ini tidak bisa dilakukan secara asal. Sebagai tujuan utama, penentuannya haruslah inspirasional, tepat, konkret, berorientasi pada tindakan, dan terikat pada strategi.
Key results adalah patokan hasil utama yang dapat dipantau pada proses mencapai objective. Sederhananya key result adalah kriteria keberhasilan yang memberi tahu seberapa dekat Anda dengan pencapaian Tujuan. Selain itu, KR juga dapat membantu Anda agar tidak melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan objective.
Contohnya, misalnya Anda menargetkan kenaikan brand awareness pada Q2 sebanyak 30%
Objective: Meningkatnya brand awareness sebanyak 30%
Jadi jika diamati, maka objective pada contoh diatas menjadi tujuan utama selama Q2 pada tim marketing perusahaan. Sedangkan key result adalah setiap hasil yang harus dapat dicapai.
Pada dasarnya menggunakan OKR merupakan metode yang dapat membantu aktivitas perusahaan Anda. Dengan perencanaan tujuan yang jelas, bukan hanya aktivitas manajemen yang dapat terbantu. Melainkan staff dan karyawan mengetahui setiap objective yang harus mereka selesaikan setiap periodenya. Selain itu, ada beberapa alasan kenapa OKR ini penting yaitu sebagai berikut:
Adanya OKR membuat bisnis memiliki visi dan misi yang jelas. Hal ini secara langsung dapat menjadi pedoman bagi setiap tim dalam menyusun strategi.
Menerapkan OKR pada seluruh organisasi, baik karyawan maupun eksekutif, dapat menyelaraskan tujuan, sehingga mereka bekerja menuju tujuan yang sama. Hal ini tentunya sejalan dengan kejelasan visi dan misi yang diusung oleh perusahaan. Oleh karena itu, setiap tim dapat dengan mudah menghubungkan strategi mereka dengan tujuan perusahaan dan tujuan bisnis secara keseluruhan.
Dengan OKR, Anda dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi kinerja tim dalam upaya mengapai objective yang telah ditetapkan. Berdasarkan key result yang ada, tim juga bisa mengukur sejauh mana proses kerja yang telah mereka lakukan. Selain itu, ketika terjadi sesuatu di luar dugaan, anggota tim/organisasi yang terlibat dapat menyesuaikan rencana agar tetap dapat mencapai objective. Oleh karena itu, metode ini dapat bermanfaat dalam memberdayakan tim untuk menciptakan tujuan yang tepat dan menghasilkan dampak serta perubahan yang signifikan.
Salah satu kelebihan metode OKR ini yaitu dapat diterapkan di berbagai bentuk bisnis. Adapun karena terkait dengan perencanaan dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai. Dikutip dari Workpath, gagasan utama menggunakan OKR yaitu untuk mendapatkan fokus dan orientasi yang lebih jelas. Di samping itu, pada penerapannya ada baiknya untuk memperjelas apa yang harus tercermin dalam OKR yang ingin ditetapkan. Kemudian menentukan berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan untuk itu.
Objective: Menciptakan budaya kerja yang baik
Objective: Meningkatnya audience engagement di semua media sosial sebanyak 50% dari kuartal sebelumnya
Jika kita simpulkan bahwa metode OKR ini ada bukan hanya untuk mempermudah kerja tim, melainkan dapat membantu perusahaan mencapai target-target bisnis yang telah direncanakan. Selain itu, dengan OKR Anda juga bisa mengukur keefektifitasan dan mengevaluasi kinerja karyawan. Oleh karena itu, Kount.id ada untuk Anda yang membutuhkan bantuan dalam pengelolaan Objective and Key Result (OKR) agar bisnis Anda dapat lebih berkembang.
Referensi
Bas, Andriy. (2022). Marketing OKR examples. https://www.plai.team/blog/marketing-okr-examples (Diakses 22 November 2022)
Gtmhub.com. (2022). Company OKR Examples. https://gtmhub.com/resources/articles/company-okrs (Diakses 22 November 2022)
Nicholas, Jerry. (2022). What is Objectives and Key Results (OKR) | An Introduction, Tips & Guidance in 2022. https://businessanalystmentor.com/okr/ (Diakses 22 November 2022)
Stenglein, Markus. (2020). OKR Benefits: 6 reasons why you should start with OKRs now. https://www.workpath.com/magazine/okr-benefits (Diakses 22 November 2022)
Gambar
Mart Production. (2021). Woman Standing Up in Front of Colleagues During Meeting. https://www.pexels.com/photo/woman-standing-up-in-front-of-colleagues-during-meeting-7644066/ (Diakses 22 November 2022)